Pencatatan Pemasukan dan Pengeluaran Uang


Semenjak saya mulai bekerja sampai dengan sebulan yang lalu, saya ngga pernah bikin yang namanya catatan pemasukan dan pengeluaran uang. Gaji yang masuk rekening, berapa persen saya pindahin ke rekening lain untuk tabungan, berapa persen untuk bayar taguhan, berapa persen untuk Ortu dan sisanya untuk biaya hidup sebulan. Berjalan efektif begitu teruuusss.

Saya nabung di depan. Jadi ada gaji masuk, saya langsung pisahin untuk tabungan. Jadi sisa di rekening gaji, itulah yang saya pake untuk kebutuhan hidup sampe datengnya gajian lagi. Cukup ngga cukup harus cukup. Hehe.

Sebulan yang lalu saya ada pengeluaran rutin yaitu cicilan mobil dan asuransi jiwa. Yang satunya pengeluaran, yang satunya tabungan untuk jangka panjang. Memang ngga bisa diambil dalam waktu dekat, tapi bisa dijadikan andalan ketika saya sudah tidak efektif bekerja dan/atau saya sudah meninggal nanti. Sejak sebulan lalu juga saya bikin di ms excel untuk pencatatan pemasukan dan pengeluaran uang. Semua saya catet, termasuk pengeluaran uang kecil untuk parkir-parkir, jajan-jajan, dll. Nah sudah sebulan saya catet dengan rutin, saya jadi stress sendiri liat pengeluaran-pengeluaran uang ngga penting yang saya lakukan. Misalnya online shopping. Yang saya beli blouse-blouse yang bahkan sampe sekarang belom saya pake loh itu blouse nya. Hahaha. Beli blouse nya sih ngga salah, yang salah adalah karena saya beli tapi saya ngga butuh itu.

Saya lagi review catetan saya itu dan saya ngerasa ‘buseeet pengeluaran gue banyak banget yaaa.. Lha kalo gini terus gaji ngga cukup nih..’ Nah yang saya bingung, kemaren-kemaren waktu saya ngga pernah catetin ini pengeluaran dan pemasukan, saya bisa nabung gede di awal. Kok giliran ada catetan, saya malah ngerasa, ‘lha mana yang ditabung inih?’ hahaha. Saya jadi bingung. Apa saya nyatetnya yang bloon ya?😀 Tapi jujur saya malah jadi kepikiran akan pengeluaran harian saya. Bibit-bibit stress mulai muncul.

Saya tetep mau coba melanjutkan catetan ini deh sampe 3 bulan. Kalo saya makin stress, mungkin akan saya berhentiin. Kayanya saya jadi tidak menikmati datangnya gaji dan jajan eskrim kalo sedikit2 saya jadi inget sama catatan pengeluaran ini. Mending kaya dulu-dulu aja, yang penting nabung, tagihan lunas, dan ada uang buat memenuhi kebutuhan tanpa direpotin ama catatan-catatan reseh ini. hehehe..

Kalo kamu bikin pembukuan juga ngga untuk pemasukan dan pengeluaran harian?

 

neraca-keuangan-usaha