Donat Kentang Tanpa Diuleni


Minggu lalu saya kepengen banget donat menul-menul anget-anget yang ditabur gula putih halus. Haduuuhh enak banget yaa dimakan pas mendung-mendung pake teh panas. Nyari di kantin kantor ngga ada, nyari di tempat biasa ada gorengan gitu ngga ada juga kebetulan tukangnya tutup. KZL! Akhirnya saya gemes sendiri, Sabtu pas libur, suami ada outing acara kantor, jadi saya ngga balik ke Ciputat, siang-siang saya geser pantat ke dapur Ibu saya. Saya bikin sendiri itu donat kentang. Ngga tanggung-tanggung saya bikin sekilo! Hahaha. Antara kepengen, emosi ama doyan bercampur jadi satu.

Ini dia penampakannya :

IMG_20160125_105542

IMG_20160125_105332

donaattt

Resepnya saya ambil dari sini : http://www.diahdidi.com/2014/09/donat-kentangmenul-menul-empuk-tanpa-di.html

Bahkan sutil/sodet cetakan donat serta tepung kentangnya saya beli di Mba Diah Didi juga. Enak looohhh. Dan yang pasti bikinnya ngga pake encok karena banting-banting adonan dulu yah😀

Berikut resepnya ya :

Bahan 1, aduk rata dengan whisk :
50 – 75 gram TEPUNG KENTANG SEDUH, seduh dengan 200 ml air panas kira2 ya..boleh di tambah atau di kurang sampai jadi adonan kentang kukus yang lembut . Timbang kentang  yang sudah di seduh, sejumlah 100 gram saja.
Kalo mau pake kentang kukus dan dihaluskan juga bisa. Ukurannya sama saja 100 gr.
2 butir telur
50 gram mentega (harus mentega ya.. kalau margarin menggumpal nanti)
50 gram gula pasir
Bahan 2 , aduk rata :
200 gram susu cair
1/2 bungkus fermipan (ragi instan)
Bahan 3, ayak :
300 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh garam
Cara membuat :
Aduk rata bahan 1, masukkan bahan 2, aduk rata.
Tambahkan bahan 3, aduk asal rata saja .jangan terlalu kuat.
Diamkan 30 menit di tutup plastik.
Adonan siap di cetak dan di goreng sesuai selera. Kalau pakai cetakan sutil donat. celup dulu ke minyak panas ya cetakannya. Kalau nggak ada sutil donat ya di sendokin aja bentuk bola2 gitu.
Adonannya lengket, jadi mesti pake cetakan donat atau dibikin bola-bola aja pake 2 sendok🙂
Selamat mencoba.