Korupsi Kecil Korupsi Besar


Korupsi dimana-mana banget ya.. Kalo ngomongin korupsi negara pasti emosi dan bosen banget yakan.. Saya Cuma mau curhat aja sih kalo ternyata korupsi bukan hanya menjadi bulan-bulanan para pejabat negara aja, tapi di instansi-instansi kecil juga sami mawon.

Contohnya kantor saya. Di kantor saya menerapkan syarat dan ketentuan dalam internal perusahaan dalam bekerja sama dengan pihak ketiga. Apabila perusahaan kerjasama dengan pihak vendor, maka harus ada surat pernyataan dari vendor yang inti isinya adalah :

Kami (pihak penerima pekerjaan) menyatakan bahwa tidak akan memberikan dalam bentuk apapun kepada pihak pemberi kerja baik sebelum, sedang ataupun setelah melakukan pekerjaan. Apabila diketahui memberikan sesuatu kepada pihak pemberi kerja, maka kami bersedia untuk diputuskan kerjasama secara sepihak dan tidak akan diikutsertakan kembali dalam tender berikutnya untuk jangka waktu yang tidak terbatas.

Ngeri yah..

Jadi pihak vendor tidak boleh memberikan sesuatu dalam bentuk apapun. Dan di dalam perusahaan juga ada peraturan bagi karyawan yang diketahui menerima sesuatu dalam bentuk apapun dari pihak ketiga ada sanksi yang ngga mudah yang sudah menunggu. Hiiyy..

Udah segitu kencengnya aja ya, masih ada lhooo vendor yang coba-coba kasih ini itu ke kita. Dari mulai ngajak makan bersama, ngasih parsel, sampe mau bawain kue kecil saat rapat. Segitunya ya? Menurut mereka, ini bukan korupsi atau gratifikasi. Tapi hanya sekedar bentuk ucapan terima kasih saja atas terselenggaranya kerjasama. Lha itu surat pernyataan jadi hiasan doang. Kalo dia kena banned dari perusahaan kita kalo ketahuan memberikan sesuatu itu, mereka mah gampang aja toh cari klien lain. Lha kalo karyawannya yang ketauan? Bisa-bisa ngga kerja lagi kita. Saya pikir dengan kerja di perusahaan swasta terbebas dari korupsi-korupsian. Ternyata ngga juga. Kitanya sebagai manusia bener-bener harus kuat membentengi diri dari hal-hal kaya gini. Kalo nurutin kata-kata orang : aah cuma makan bersama aja, ngga korupsi lah itu. Duh bisa-bisa makanan yang masuk perut jadi penyakit. Wallahualam.

Semoga kita semua terhindar dari yang kaya gini-gini yaa🙂

 

korupsi