Hobi PINGSAN


pingsan

Iya ini hobi saya. Hobi Pingsan!

Bukannya saya suka dengan hal ini, malah saya selalu takut dan was-was. Karena saya bisa-bisanya pingsan di saat dan tempat yang sangat tidak tepat.

Pertama kali saya pingsan itu waktu SMP kelas 1. Saat itu baru kayanya masih awal-awal masuk sekolah gitu. Saya ikutan ekskul PMR, di hari Sabtu diadakan pelantikan ekskul gitu deh di sekolah. Jadi pagi-pagi dateng, trus kaya dikasih pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan di sekolah, kemudian ada pelatihan mental juga (dimarah-marahin ngga jelas yang menurut saya ngga ada gunanya). Saya pagi sarapan cukup, makan siang juga cukup karena disediakan dari sekolah. Sore sekitar pukul 3 atau 4 gitu ada apel untuk penutupan acara pelantikan ekskul itu. Saya saat itu ceritanya jadi ketua tim, dalam 1 tim ada 10 orang. Pas apel itu saya yang pimpin barisan tim saya doong dan saya berdiri paling depan. Saat mendengarkan Wakil Kepala Sekolah menyampaikan amanat gitu, kok saya ngerasa lantai di lapangan sekolah itu goyang-goyang gitu, saya sampe kedip-kedip untuk meyakinkan itu lapangan goyang beneran apa ngga. Yang saya tau kemudian saya sudah di ruang UKS dengan kepala benjol karena saya pingsannya itu jatoh nyusruk ke depan di lapangan! Sukses yah bikin benjol banget.

Saya ambil dari Wikipedia :

Pingsan atau sinkop adalah suatu kondisi kehilangan kesadaran yang mendadak, dan biasanya sementara, yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Gejala pertama yang dirasakan oleh seseorang sebelum pingsan adalah rasa pusing, berkurangnya penglihatan, tinitus, dan rasa panas. Selanjutnya, penglihatan orang tersebut akan menjadi gelap dan ia akan jatuh atau terkulai. Jika orang tersebut tidak dapat berganti posisi menjadi hampir horizontal, ia dapat mati karena efek trauma suspensi.

Ngeri juga yaa dapat mengakibatkan mati. 

Berikut-berikutnya saya lumayan sering pingsan, sampai dengan sekarang! Hiks😥😥😥

Saya sampe ga boleh ikut upacara dulu jaman SMP karena setiap upacara saya pingsan. Ternyata bukan hanya saat upacara aja saya pingsan. Saya pernah pingsan di tukang sayur karena waktu itu Ibu saya ada kekurangan bumbu apa gitu dan saya diminta beli ke tukang sayur. Ngga  tau kenapa tiba-tiba saya udah tergeletak di toko itu dikerubungin Ibu-ibu yang lagi olesin saya pake balsem. Ihh ngga banget yaa tempatnya kok di toko sayur.

Trus pernah juga saya pingsan saat lagi antri bayar di supermarket. Waktu itu sama mantan pacar saya. Pas mau bayar, tiba-tiba kaya sesak napas gitu, pusing muter-muter, saya langsung cari tempat duduk. Begitu duduk langsung hilang kesadaran. Pacar saya saat itu jadi bingung antara mau nolongin saya apa mau bayar belanjaan dulu, karena posisinya bener-bener depan kasir!

Yang paling parah sih kejadiannya beberapa bulan lalu. Saya pingsan di TransJakarta (busway)! Saya pulang kerja, berdiri dalam bis TJ itu, udah setengah perjalanan kok tiba-tiba pusing, keringet dingin dan pandangan agak gelap. Saya udah hapal banget ama rasa-rasa ini, ini mau pingsan niiihhh.. Saya langsung colek Ibu-ibu yang lagi duduk di depan saya, saya bilang kalo saya pusing banget dan kebetulan Ibu-ibunya mau di halte depan. Saya langsung duduk dan seketika itu juga hilang kesadaran. Saya ngga tau berapa lama pingsan, kayanya sih sekitar 10-15 menit karena bis saya belum sampe tujuan saya turun, dan saya langsung duduk aja biasa. Orang-orang ngga ada yang ngeh karena mungkin saya dikira tidur kaya penumpang bis yang lain. Ngumpulin kesadaran dan energi, sampe halte saya turun dan disitu dijemput sama Bapak saya. Baru setengah jalan lagi, saya pingsan lagi. Bapak saya gendong dipinggir jalan dan di dudukin di pinggir toko yang tutup. Hahaha sedih ya. Di toko sebelah ada Bapak-bapak yang kasih teh manis panas. Habis minum itu, langsung bisa bangun. Jalan pulang lagi. Besoknya ngga masuk kerja 3 hari karena ngga tau kenapa lemes banget.

Saya udah ke dokter untuk periksa keadaan saya kenapa sering  pingsan. Tekanan darah saya memang rendah (dan ngga pernah normal) begitu juga dengan gula darah, mungkin itu bisa jadi penyebab saya jadi sering pingsan. Tapi untuk pemeriksaan lebih lanjut, saya harus periksa ke specialis syaraf. Yang sampe sekarang belum saya lakukan.

Selama hamil ini aja udah 2x pingsan, tapi kejadiannya di rumah jadinya ortu langsung tanggap. Semoga ngga kejadian lagi dan pas lagi diluar sendirian pula.

Serem ya? Saya sendiri juga ngeri banget. Saya takut banget pas pingsan di tempat yang sepi dan gelap. Atau pingsan sendirian dan kemudian ada orang yang jahatin saya. Hiks. Amiit-amiitt jangan sampe. Astaghfirullaahh..

Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan oleh Allah SWT yaa..🙂