Penting Gak Sih Seragam Panitia di Resepsi Pernikahan?


Kalo liat blog-blog wedding preparation pasti ada budget yang dikhususkan untuk seragam panitia. Atau belom apa-apa, yang dicari duluan itu bahan kebaya pengantin dan bahan untuk seragam panitia dan keluarga. Dan saya yakin untuk mix and match antara seragam keluarga perempuan dan seragam keluarga laki-laki serta seragam panitia pasti ga cukup sekali ke toko kain langsung dapet. Haha.. I don’t feel it.

Beruntungnya, saya ngga perlu ngerasain yang namanya keliling toko kain nyari bahan yang warnanya a, b dan c. Ga perlu panas2an dan ga perlu emosi juga. Karena saya awalnya tidak ada niatan bikinin seragam keluarga atau panitia. Pelit yah. Hihi. Bukannya pelit, tapi emang ga ada budgetnya (bokek).

Sahabat-sahabat saya yang membantu proses cari-cariin vendor dan make sure resepsi pernikahan berjalan dengan lancar dari jauh-jauh hari udah bilang ga perlu seragam, nanti dikasih tema aja panitia warna apa jadi terserah mereka dateng pake baju apa asal warnanya ‘senada’. Padahal yang namanya pink aja gradasinya ada bermacam-macam. entah senada yang dimaksud disini sama apa asal setipe aja. Sahabat-sahabat saya baik banget lah pokoknya sampe bilang ga usah kasih seragaman, mendingan uangnya disimpen dulu takut ada keperluan lain-lain yang lebih mendesak. Saya setuju banget. Saya pun tidak menyiapkan seragam untuk mereka. Mereka saya daulat jadi panitia atas dasar pertemanan dan keikhlasan.

Beberapa waktu kemudian, (calon) ibu mertua saya nanya keluarga saya diseragamin warna apa? Saya bilang kayanya ga diseragamin. Pake kebaya mereka masing-masing aja. Calon Ibu mertua saya bilang sih ngga papa, tapi beliau pengen beli bahan kebaya dan kainnya untuk kakak2 dan adik beliau, mau diseragamin aja. Yah, masa keluarga calon suami seragaman keluarga saya ngga? Akhirnya saya kepikiran lagi deh.. Abis itu saya diskusi sama Ibu saya, ternyata beliau udah siapin bahan kebaya dan kain untuk kakak, adik dan ibu beliau (nenek saya). Jadi udah ada seragam keluarga sumbangan dari Ibu saya. Alhamdulillah. Jadi kedua keluarga udah punya seragam nih.. Panitia diseragamin ga ya? Sekalian aja kali ya..

Kebetulan ada temen yang jual bahan kebaya bali serta kainnya. Coraknya bagus-bagus. Karena saya temanya putih, silver, toska jadi Ibu mertua saya pilih warna toska untuk keluarga besan. Keluarga saya biru muda, dan panitia akhirnya saya beliin warna putih untuk seragamnya. Sahabat-sahabat saya yang tadinya bilang ga usah, tapi pas dikasih mereka hepi juga dan memastikan bahwa saya ngga buang2 uang untuk ini. Hihi. Alhamdulillah punya sahabat-sahabat yang baik dan pengertian banget. Budget bertambah dong? Pastinya. Tapi bukan hal yang sia-sia kok. Buat temen-temen yang udah bantuin, saya cuma bisa ucapin terima kasih. Nah bahan kebaya itu bisa jadi ucapan terima kasih juga dari saya. Mudah-mudahan bisa dipake lagi ke acara lain dilain waktu.

Jadi menurut saya seragam panitia itu ga harus ada sih.. Yang harus ada adalah kebersamaan kita dan sahabat-sahabat yang menjadi panitia resepsi pernikahan di hari istimewa kita. Ya ngga?🙂

Tips-Calon-Pengantin-Indahnya-Keseragaman-Panitia