Pantangan Makanan Selama Hamil


eat-98633_640

Ibu-ibu hamil di luaran sana (termasuk saya) pasti selalu ada pertanyaan di dalam kepalanya “boleh makan ini ngga ya?”, “ini ada pengawetnya ngga ya?”, “ini aman ga ya?”. Saya selalu kaya gitu kalo lagi mau beli makanan. Ke minimarket, mau beli minuman yang seger2, mandangin kulkas udah lama tapi ujug2 ngga jadi beli karena takut ngga boleh, takut ada pemanis buatan, takut ada pengawet, dll dsb. Mau makan siang di kantin kantor juga gitu. Liat lauk buanyaakk, bingung, liat sayur ga nafsu, liat lauk lain ya gitu deh, ragu2 boleh ngga ya. Kelamaan mikirnya, keburu kelaperan malah memancing mual. Hihi..

Waktu pertama kali saya ke dokter kandungan. Dokter cuma kasih list di bawah ini untuk pantangan makanan dan minumannya :

DILARANG :
– daging dan telur mentah / setengah matang
– mayonnaise
– sushi / sashimi
– obat jerawat (krim malam dan obat minum)
– kerang
– alkohol, rokok, narkoba
– sauna (berendam air panas)

BATASI :
– teh maksimal 5 cangkir/hari
– kopi maksimal 2 cangkir/hari
– soda maksimal 2 cangkir/hari
– coklat batangan maksimal 100gr/hari

So far dari list di atas memang jarang buanget saya konsumsi, bahkan ga pernah (untuk alkohol, rokok dan narkoba) kecuali SUSHI dan SASHIMI. Saya fans berat kedua makanan itu. Jadi untuk 9 bulan kedepan kita harus berjauhan dulu yaa hei makanan favorit. Hiks.. Tapi sih pas saya udah 13w kemarin sempet makan sushi tapi yang bener-bener mateng. Kaya baked salmon roll gitu. Itu doang sih yang saya makan. Susah cari yang bener-bener mateng. Agak worry juga kalo kebanyakan.

download

Saya sangat mematuhi list dari dokter diatas. Selain itu saya juga sangat mengurangi makanan2 instan dan fast food. Tri semester awal saya makan mie instan cuma sekali, makan mc d dan kfc tidak pernah. Hebat kan? Bukan karena menahan diri, tapi tiba2 saja saya mual parah kalo mencium bau kfc dan mc d. Alhamdulillah terhindar dari junk food dengan sendirinya. Terus kalo mau makan liat2 lagi, misalnya mau makan tape dan durian kan ada kandungan alkoholnya tuh walaupun sedikit, sebaiknya dihindari. Ya kalo pengen banget juga boleh sedikit aja.

Mie ayam? Boleh. Bilang abangnya jangan pake mecin.
Ikan-ikan? Boleh. Hindari tuna, makarel dan sejenisnya karena mengandung merkuri tinggi. Sebaiknya ikan air tawar atau salmon yang paling aman.
Steik? Boleh. Yang mateng yaa..
Somay, batagor, cilok, cimol? Boleehh.. Cimol jangan pake bumbu yg bubuk, itu mengandung msg.
Yang paling bagus ya pasti buah dan sayur. Saya tiap hari bawa nasi, 1 sayur dan 1 protein untuk makan siang dan selalu beli rujak untuk camilan sore, jadi makan buah bermacam jenis sekalian supaya nutrisi buah yang masuk banyak. Hehe..

Ada juga mitos2. Tapi saya ngga percaya dan saya ngga patuhin sih. Misalnya jangan makan kepiting, nanti anaknya ga bisa diem karena kakinya banyak. Ada juga yang bilang jangan makan lele dan belut nanti anaknya hiperaktif kaya lele. Tapi waktu kapan saya makan pecel lele, cuma sekali aja sih, karena lele kan mengandung protein tinggi dan dokter juga tidak melarang🙂

Mitos “pesan dari orang tua” yang saya patuhin cuma bilang “amit-amit” dan istighfar setiap saat. Entah kalo liat yang aneh2, ato kaget terhadap sesuatu, ato lagi ga sengaja ucap yang ga baik. Apalagi kalo abis ngomongin orang. Hihi.. Harusnya sih ngomongin orangnya aja ya yang dikurangin ato dihilangin supaya ga selalu “amit-amit”😀

Ini aja sih list pantangan makanan dan minuman yang saya punya. Mungkin temen-temen punya pantangan makanan lain?