Kamu Ngidam Apa?


rujak

Selama hamil muda ini, saya sering banget ditanya “ngidam apa?” dan saya selalu ngga tau mau jawab apa. Lha wong mikir menu makanan aja mual dan pengen muntah. -___- orang-orang yang nanyain saya nanti jadi flashback waktu mereka hamil muda mereka ngidam apa, macem-macem banget ada yang jadi ga suka nasi padang, ada yang maunya makan mangga terus, bahkan ada tantenya temen saya yang kepengen makan bakso, tapi maunya bakso abang2 gerobak yang lagi jalan, dan dia sendiri yang setopin tu abang bakso trus makan di pinggir jalan. Kok gitu banget ya? Dari cerita-cerita tersebut jadi artinya ngidam itu keinginan akan suatu makanan tertentu. Saya sendiri sampai sekarang gatau ngidam apa.

Terus ada lagi pengertian berbeda dari ngidam. Pas saya cerita lagi mual dan mun*ah parah, beberapa teman komentarnya “ooh lagi ngidam ya?” jadi maksudnya ngidam disini adalah fase hamil muda dimana si calon ibu mengalami mual mun*ah. Artinya beda lagi dong yaa sama yang di atas. Lha mboh..

Kalo saya sendiri ga ada kepengen makan apa-apa yang spesifik dan susah dicari kaya definisi orang-orang tentang ngidam. Saya kepengen makan yang makanannya ga saya mun*ahin lagi ada ga? Saya makan itu aja deh. Hahaha..
Menurut paham pengalaman saya sendiri ngidam itu keinginan makan sesuatu yang sekiranya dapat mengurangi mual atau meredakan mun*ah. Jadi jauh kayanya pengertian saya dengan ngidamnya orang yang maunya makan bakso abang-abang yang dia setop sendiri itu.

Dari 3 bulan kehamilan ini, makanan apa yang saya inginkan atau “ngidam” untuk meredakan mual atau mengurangi mun*ah ini ada beberapa :

1. Biskuit Regal
Awal2 hamil saya cuma bisa makan biskuit regal dan teh manis panas. Lumayan mengenyangkan tapi kasian yaa hihi..

2. Oat Choco
Ini makanan hits banget cemilan enak rasa coklat, nah saya makan ini juga selama hamil muda dan alhamdulillah ga dimun*ahin.

3. Teh Manis Panas
Sebenernya Dokter kandungan saya membatasi konsumsi teh maksimal 5 cangkir per hari. Tapi kadang ada kalanya seharian makanan ga ada yang mendarat dengan mulus di lambung dan adem banget rasa perut kalo abis minum teh manis panas.

4. Pepaya
Salah satu dari sedikit buah yang ga dimun*ahin lagi kalo abis dimakan.

5. Soto mie
Asem, gurih, seger. Lumayan bikin anteng makan siang. Tapi paling sedikiiit yg bisa dimakan.

6. Lontong isi
Lumayan buat isi perut pagi-pagi, ga terlalu berat.

7. Rujak
Ini dimakan sore-sore di kantor. Dan enak banget. Mual terlupakan sejenak. Maksud hati juga untuk asupan buah tiap hari sih, tapi saya ga makan rujak tiap hari kok. Hehe

8. Kacang Hijau
Mengandung vitamin B6 yang mengurangi rasa mual. And it works in me.

9. Jus jeruk & jus alpukat
Biar mudah aja makannya. Tinggal sedot.

Kayanya itu aja sih.. Selebihnya yaaa keluar lagi. Jadi jangan harap awal-awal kehamilan saya minum susu hamil, banyak minum air putih, makan nasi lengkap gizi sayuran serta lauk pauk, membayangkannya aja mual pas dimakan yaa keluar lagi sesudahnya. Hehe..

Awal hamil saya cuma ngemil, ga pernah ada makanan berat yang berhasil mendarat di lambung, jadi ga heran berat badan saya sampe turun 6 kilo dan saya drop di opname di RS. Besyukurlah yang ketika hamil bisa menyantap apa saja.. Kalo yang mabok kaya saya, hey you’re not alone. I’m here right beside you. Cieh..

Kalo kamu ngidam apa?