TRI SEMESTER PERTAMA


Say amulai cerita pas saya udah tau saya hamil aja ya.. Berarti kira-kira kandungan 4-5 minggu. Saya akan ceritain rasa-rasa amazing apa yang saya rasain. Hihi..

Minggu ke – 5
Saya mulai tau hamil setelah telat haid hampir seminggu kemudian hasil testpack positif seperti yang sudah saya ceritakan disini. Saya langsung agendakan untuk ke dokter kandungan. Karena saya lagi di apartemen sunter, RS terdekat itu RS Mitra Kelapa Gading dan Hermina Podomoro Sunter. Mulai googling dokter kandungan perempuan yang asik dan oke siapa aja. Kenapa harus perempuan? Karena kayanya saya nyamannya sama perempuan aja deh, secara nanti kalo mau usg trans-v gitu kalo dokternya cowo kan malu eyke.. Jadi, cewe aja deh.. Hasil googling ada beberapa nama, yang nyangkut di otak Cuma Dr. Stella karena dari blog yang saya baca Dr. Stella itu asik banget orangnya trus ngasih no hp untuk kalo-kalo butuh konsul urgent.

Jadi tgl 5 September 2015 saya dan suami meluncur ke RS Mitra Keluarga Kelapa Gading untuk konsul dengan Dr. Stella. Sebelumnya saya booking by phone dulu ke RS nya. Dapet nomor antrian 11, disuruh dateng jam 6 sore (jam prakteknya 10.00 – 14.00 dan 16.00 – 20.00 saya pilih yang sore). Sampe disana, nunggu ngga sampe sejam langsung masuk. Dan kesan pertama ketemu Dr. Stella adalah : ASIK BANGET. Dia jejingkrakan hepi-hepi gitu pas saya bilang mau periksa hamil karena beberapa hari lalu testpack hasilnya positif. Dia langsung nyuruh untuk UGG aja dan yang saya suka, dia tanya dulu kalo masih awal-awal USG nya trans-v dan pasien keberatan apa ngga. Karena saya dan suami penasaran jadi saya ga keberatan sih untuk USG trans-v.

USG trans-v tuh dimasukin alat gitu kira2 sebesar jari telunjuk tangan, tapi ujungnya aja yang dimasukin untuk ngeliat ke dalem rahim. Agak ngga nyaman sih ya, tapi lebih jelas keliatan dalem rahimnya dibanding USG yang dari perut. Dan kantung rahim saya udah keliatan, kecil banget ukurannya 0,5 cm bentuknya bulat gitu. Tapi belum keliatan janinnya. Disuruh balik lagi 2 minggu lagi paling cepet dan paling lambat 4 minggu lagi. Dikasih obat Emineton dan Osvit DHA untuk vitamin dan penguat janin. Dr. Stella ngasih selamat dengan muka happy dan nyemangatin kita banget. Saya juga dikasih pantangan untuk makanan tertentu misalnya mayonese, kerang, telur atau daging mentah/setengah matang, sushi/sahimi, obat jerawat termasuk krim malam dan obat minum, alkohol, rokok, narkoba, sauna, berendam di air panas. Dan makanan yang harus dibatasi konsumsinya : kopi, teh, coklat, soda. Itu aja sih. Makanan lain boleh, kepiting boleh, seafood boleh tapi cari yang higienis. Seneng banget konsul ama Dr. Stella. Ga jaim dan ga malu. Hehe..

Untuk kehamilan 5 minggu ini aku belum ada rasa-rasa mual atau apa2. Makan masih enak Cuma perut bagian bawah aja kaya kenceng gitu, kaya kram lagi haid tapi ngga separah itu rasanya. Cuma kaya ada yang narik2 aja di dalemnya. Kata Dr. Stella itu wajar karena lagi peregangan rahim. Sama bolak balik pipis. Luar biasa sehari bisa pipis 10x sampa males minum karena cape bolak balik kamar mandi.
Ini hasil USG 5 minggu, belum keliatan isi janinnya.

baru keliatan kantung rahimnya aja

baru keliatan kantung rahimnya aja

Minggu ke -6
Seminggu kemudian setelah kunjungan saya ke Dr.Stella, saya tiba2 mun*ah di tengah malam. Mual banget sampe kebangun dari tidur, kemudian mun*ah. Dan itu rasa mualnya ngga enak banget sampe keringet dingin. Masya Allah.. Besoknya lemesss tapi ga mual dan ga mun*ah lagi. 2 hari kemudian bangun tidur saya mual banget. Kebetulan itu hari minggu, jadinya saya tiduraaan terus karena pusing banget + mual. Payah banget deh.. Seharian itu juga ngga makan apa-apa karena liat makanan ngga nafsu sama sekali. Sampe lemes. Seninnya saya masuk kerja seperti biasa dan saya jadi pendiam karena rasa mual yang tak terhingga ini. sampe takut mun*ah kalo ngomong. Tapi ngga mun*ah hari itu. Selasa masih sama. Akhirnya saya ngga kuat, lemes banget karena liat makanan itu jijik banget, gamau makan. Mual seharian penuh kaya lagi mabuk darat laut dan udara dicampur jadi satu. Selasa malam saya ke Dr.Stella lagi. USG lagi dan udah keliatan janinnya. Yeaaayy.. Walopun ukurannya masih 0,62 cm tapi Alhamdulillah sudah berkembang. Dan pas denger detak jantungnya untuk pertama kali, langsung lupa kalo 2 minggu ini mual banget sampe lemesss. Excited banget. Happy banget. Saya langsung ngadu sama bu dokter kalo mual ini sangat-sangat menggila. Haha lebay. Akhirnya bu dokter kasih obat mual Neciblok dan Rantin diminum sehari 2x. Yang walaupun udah diminum ngga ngaruuuh itu mualnyaaa ga ilang. Dan saya diminta istirahat aja dulu di rumah 3 hari. Asik. Haha

Minggu ke-7
Mual masih bercokol bahkan ditambah mun*ah – mun*ah yang sangat sering frekuensinya. Habis makan, mun*ah, begitu terus seharian. Sampe liat makanan udah gamau lagi makan karena takut mun*ah. Fisik bener-bener ditempa deh.. Obat mual dan obat lambung ga ngaruh samasekali untuk mengurangi mual dan mun*ah. Makanan yang masuk ke lambung Cuma biskuit Regal dan teh manis panas. Energi buat ke kantor udah miniiiim banget. Sampe kantor pala udah geletak aja di meja. Ato banyakan bolak balik ke toilet untuk mun*ah.

Minggu ke-8
Minggu terberat ini kayanya. Minum airputih dan obat aja keluar lagi. Lemes banget. Akhirnya Senin pagi2 masuk UGD dan di rawat inap 2 hari. Hiks.. Diinfus untuk mengganti nutrisi dan cairan yang hilang karena mun*ah2. Obat yang dikasih masih sama. Di RS 2 hari, badan enakan, mun*ah cm sekali dan udah ga pusing kalo berdiri ato jalan. Selasa sore dibolehin pulang, tapi harus istirahat di rumah 3 hari. USG si embrio baik2 saja. Alhamdulillah.. Pulang dari RS, kembali lagi mual dan mun*ah. Pasraahhh..

Oiya pas pulang dikasih obat tambahan Ondancentron. Jadi obatnya ada 3 untuk mengatasi mual mun*ah. Pas nimbang berat badan, turun 6 kilogram! Amazing! Sedih banget tapiii..

Minggu ke-9
Masih belum banyak perkembangan terhadap mabok yang saya alami. Makan masih susaaahh. Dan masih dikeluarin lagi juga..

Minggu ke-10
Idemmm..

Minggu ke-11
Mual sudah berkurang. Pagi dan malam itu bagian yang paling ngga enak. Karena pada waktu2 itu mual datang dan susah pergi. Frekuensi mun*ah masih sering, bahkan sekarang kelaperan hoek, kekenyangan juga hoek. Jadi makan sedikit2 aja yang penting keisi ada yang dicerna di lambung tapi ga sampe kenyang ato kembung. Dan kalo malem ngga mau makan, cemal cemil aja supaya perut ga penuh ketika mau tidur. Karena itu memperburuk keadaan. Kalo malemnya mun*ah, besok paginya jadi pagi yang sangat buruk. Ngga sarapan salah, sarapan juga salah.. -___-

Jadwalnya saya periksa yang di dalem perut lagi nih.. Perhitungan saya sih 11w3d, sesuai dengan hasil 2 USG sebelumnya. Ternyata pas USG, menurut mesin USG, kandungan sudah 11w6d. Kelebihan 3 hari dari perhitungan. Kok begitu ya? Entahlah.. Yang penting kamu sehat-sehat ya, nak🙂
Udah keliatan ada tangan kanan kiri dan kaki kanan kiri. Udah lengkap, udah kaya bayi, seneng banget..

Minggu ke-12
Masih tidak jauh berbeda keadaannya dengan minggu ke-11. Makan masih belom bisa banyak, tapi udah bisa masuk makanan. Masih belum bisa nyium bau-bau masakan yaampuunnn bau soto kaya bau apa deeh tau. Kangen banget sama wisata kuliner yang bisa makan apa aja sepuasnyaa sampe perut kekenyangan dan begah ga bisa jalan. Haha.. Sabar-sabar yaa calon Ibu..

Tapi ada loh yang kalo hamil ga pake mabok. Rejeki doi itu yah.. Hiks enaknya. Hihihi.. Tapi tetap harus bersyukur sudah dititipkan rejeki yang tak terhingga yaitu anak🙂

Segini deh hasil trisemester pertama saya.. Mudah-mudahan calon ibu yang lain lancar-lancar di kehamilannya, sehat calon bayi dan ibunya. Aammiinn.. Yang pengalaman maboknya lebih luar biasa ada?😀