Review Catering Pernikahan : Bu Haji Ratmi!


Pesta pernikahan ngga mungkin ngga ada makanan ya toh.. Kali ini saya mau review mengenai catering yang aku pakai waktu resepsi pernikahan. Nama owner nya Ibu Hj. Ratmi, beliau ini adalah temen baiknya Bapak saya dari jaman muda dulu. Sama-sama bekerja dari bawah, merakit bisnis sendiri, sekarang beliau punya usaha catering.

Saya udah pernah review beberapa Price List dari beberapa catering yang namanya kondang banget di kalangan bridezilla2 yang sering aku baca kalo lagi blog walking. Misalnya Nikirani Catering, Cikal Catering, Amira Catering, Alief Catering, dll dsb. Saya ga minta price list Kiki Catering atau Alfabet Catering, karena selain mahal (huhuhuuu.. *nangis*) catering-catering ini juga ga ada paket pernikahannya, jadi hanya catering thok (cmiiw). Jadi aku cari catering yang sepaket sama dekor, rias, dll nya. Walaupun pada akhirnya aku ga pake paket, tetep pisah-pisah. Hehe. Alhamdulillah dari gedungnya memperbolehkan dengan bebas mau vendor pisah-pisah atau paketan. Ga kena charge apapun. Asyik ya? Nanti tentang gedung saya bahas terpisah yaaa..

Catering Bu Hj. Ratmi ini menjadi pelabuhan saya, selain karena temen baik Bapak saya, makanannya juga enak dan pembayarannya boleh dicicil. Hihihi. Itu penting banget. Saya bikin 450 undangan. Jadi saya pesen catering dengan jumlah sebagai berikut :

Buffet = undangan x 2 x 85% x 60%
= 450 x 2 x 85% x 60%
= 459 porsi

Ini maksudnya adalah jumlah porsi buffet adalah jumlah undangan dikali 2 (asumsi 1 undangan yang dateng 2 orang) dikali 85% (asumsi yang dateng ke acara kita adalah 85%) dan dikali 60% (asumsi yang akan makan makanan buffet adalah sekitar 60% dari jumlah tamu). Hasilnya adalah jumlah porsi buffet yang harus kita pesan.

Gubukan = undangan x 2 x 85% x 4 x 40%
= 450 x 2 x 85% x 4 x 40%
= 1.224 porsi

Yang ini maksudnya adalah jumlah porsi gubukan yang minimal harus dipesan. Jumlah undangan dikali 2 (asumsi 1 undangan yang dateng 2 orang) dikali 85% (asumsi yang dateng ke acara kita adalah 85%) dikali 4 (asumsi 1 orang makan 4 porsi gubukan) dan dikali 40% (asumsi yang akan makan makanan gubukan adalah sekitar 40% dari jumlah tamu). Hasilnya adalah jumlah porsi gubukan yang harus kita pesan.

Jumlah tersebut belum termasuk makanan untuk rombongan keluarga yaaa.. Ya iya itu yang rombongan dateng pake bis-bis itu. Kan mereka rombongan keluarga, dan datengnya bukan karena undangan. -___- Kok kayanya banyak banget ya? Hiks. Berapa ya itu jumlah biaya cateringnya? Tenang, hal tersebut bisa disiasati. Saya dan Indra termasuk parno dalam hal urusan kekurangan makanan saat pesta. Bisa diomongin berbulan-bulan ituuuu.. Bukan masalah diomonginnya sih, tapi saya dan Indra berprinsip bahwa orang udah mau jauh-jauh dateng, panas-panas, jadi pas dateng harus masih ada makanan yang tersedia.

Untuk undangan yang disebar dan rombongan keluarga yang banyak (yang tidak termasuk dalam jumlah undangan) saya pesan sbb :
Buffet : 650 porsi
Gubukan :
Bakso 200 porsi
Soto betawi 200 porsi
Dimsum 200 porsi
Spageti 200 porsi
Macaroni schotel 200 porsi
Zuppa Soup 200 porsi
Es krim 2 galon
Total gubukan 1200 porsi

Untuk penempatannya buffet saya pisah antara keluarga dan tamu undangan. Tamu 500 porsi, keluarga 150 porsi. Kok pesennya mepet banget ya jumlahnya? Katanya takut kurang. Gimana sih nih capeng yang inih.. Untuk buffet saya ngga takut kurang karena jumlah saya sudah lebihkan dari hitungan, tapi gubukan saya deg-degan juga akan kurang. Berhubung gedung tempat resepsi saya ga begitu besar, dengan jumlah menu gubukan ada 7, kayanya tidak memungkinkan kalo 7 gubukan semua dipajang. Akhirnya kita memutuskan gubukan yang dipajang hanya 4. Jadi makanan ganti shift dalam 1 gubukan. Misalnya menu pertama yang tayang adalah bakso, dimsum, spageti dan es krim. 4 gubukan sudah terisi toh. Dalam waktu 1 jam kan akan habis itu menu gubukan, dengan gubuk yang sama, ganti makanannya dengan menu selanjutnya yang belum tayang, yaitu soto betawi, macaroni schotel dan zuppa soup. Saya yakin dengan sistem seperti itu semua tamu akan kebagian. Kalo 7 gubukan semua dipajang, pasti dalam waktu 1 jam semua sudah habis. Ya toh?

Alhamdulillah resepsi dari jam 11 sampe jam 2 makanan masih banyak, buffet masih sisa, bahkan gubukan masih ada! Amazing! Sampe ada temen saya yang dateng jam 2 kurang, disaat saya udah turun pelaminan, lagi makan, dia baru dateng tapi zuppa soup dan dimsum masih ada. Senangnyaaaa.. Temen saya sampe amaze gitu dateng telat banget tapi masih ada makanan gubukan. Dari total 450 undangan yang disebar, yang dateng ada sekitar 350 (yang isi di buku tamu) jadi asumsi 85% yang dateng itu benar adanya. Hehehe..Alhamdulillah alhamdulillah terima kasih teman-teman yang mau dateng. Terima kasih juga Bu Hj. Ratmi yang bikinin makanan enak dan jujur dengan porsinya! Penting banget kan.. Temen2 kantor saya yang dateng pada cerita, makanan kaya ga abis-abis. Alhamdulillah berkah.

Yang mau contactnya Ibu Hj. Ratmi ini no HP nya : 081318634367 bilang aja dapet info dari Mba Sulis, inshaa Allah harganya disesuaikan🙂

Happy preparing your wedding!🙂

zuppa soup

zuppa soup